Sabtu, 02 Februari 2013

Alasan Menggunakan MySQL ?

MySQL merupakan salah satu dari sekian banyak Database Management System (DBMS) yang menganut atau mengimplementasikan database relasional yang disebut juga Relasional Database Management System (RDBMS).

Berikut ini beberapa alasan mengapa mimilih MySQL sebagai server database untuk aplikasi-aplikasi yang sedang dikembangkan :
  • Fleksibel
MySQL dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop maupun aplikasi web dengan menggunkan teknologi yang bervariasi. Ini berarti bahwa MySQL memiliki fleksibilitas terhadap teknologi yang akan digunakan sebagai pengembang aplikasi, apakah itu PHP, JSP, Java, Delphi, C++, maupun yang lainnya dengan cara menyediakn plig-in dan driver yang spesifik untuk masing-masing teknologi tersebut. Dalam database MySQL juga memiliki dukungan terhadap stored procedure, fungsi, tringger, view, SQL standart ANSI, dll.
  • Performa Tinggi
MySQL memiliki query dengan platform tinggi, dengan demikian proses transaksional dapat dilakukan dengan sangat cepat.
  • Lintas Platform 
MySQL dapat digunakan pada platform (Sistem Operasi) yang beragam, bisa Microsoft Windows, LINUX, atau UNIX.
  • Gratis
MySQL dapat digunakan secara gratis meskipun demikian, ada juga MySQL yang bersifat komersial.
  • Komunitas Luas
Karena pengguna banyak maka MySQL memiliki komunitas yang luas. Hal ini berguna jika kita menemui suatu permasalahan dalam proses pengolahan data menggunakan MySQL maka kita dapat bertanya di komunitas/forum yang banyak sekali di Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar